Tel: 7884 4904 | Mail: info@intimark.co.id


MANAGING YOUR SALES & DISTRIBUTION ACTIVITIES

PENGANTAR :
Sebagai Komandan Lapangan (Field Commander) atau  Manager lini pertama, seorang Sales Supervisor wajib memiliki kemampuan dalam menerjemahkan Program yang telah dirancang oleh Management ke dalam bentuk Petunjuk Pelaksanaan Tugas yang praktis di lapangan, Sebagai seorang yang memperoleh hasil melalui orang lain, maka keterampilan Interaksi & Komunikasi merupakan syarat utama yang harus dimiliki oleh seorang Sales Supervisor dalam memimpin pengembangan pasar bersama Team Penjualannya, tidak jarang ditemui Sales Supervisor dalam mengerjakan tugas sehari-hari masih banyak mengerjakan pekerjaan yang seharusnya dikerjakan oleh Salesman. Pekerjaan utamanya sebagai Supervisor yang harus membuat Perencanaan, Petunjuk Pelaksanaan Tugas, Pendelegasian, Bimbingan & Dorongan, Monitoring & Evaluasi, serta Pengembangan Kinerja bawahan tidak sepenuhnya dilakukan.

TUJUAN PELATIHAN :

• Setelah selesai mengikuti Programini para peserta akan :

• Menyadari peran sebagai Sales Supervisor yang lebih banyak berada di tengah-tengah Team Penjualannya (sebagai Field Commander), yang
   dalam melaksanakan tugas bisa membedakan antara Aktivitas Tehnis dan Aktivitas Supervisi

• Mampu menerjemahkan program Kerja ke dalam bentuk Rencana Langkah-Langkah Praktis di lapangan, sebagai pedoman bagi Team
   Penjualan  dalam menjalankan tugas

• Memiliki kemampuan interaksi & komunikasi dengan bawahan melalui Sales Meeting yang rutin, pendelegasian dan perintah kerja yang  efektif,
   kontrol yang cermat, serta bimbingan yg terus-menerus

• Memiliki kemampuan dalam mengembangkan kinerja Team Penjualan, dengan cara melakukan monitoring & evaluasi kinerja bawahan di
   pasar, secara berkesianambungan, yang ditindaklanjuti dengan melatih mereka di tempat kerja (On-the-Job Training).

 

TARGET PESERTA :

• Sales Supervisor

• Sales Coordinator

• Area Coordinator yang berperan sebagai Komandan Lapangan yang tugas utamanya membimbing, membina, serta mengontrol aktivitas
   salesman di pasar

 

METODE PELATIHAN :

• Menjelaskan konsep

• Contoh-contoh yang berkaitan dengan cara merancang Rencana Tindakan Praktis dilapangan, cara memimpin Rapat Penjualan, cara
   merancang System Evaluasi serta mekanisme pelaksanaannya, termasuk cara Memberi Perintah Kerja.

• Latihan / Praktek melakukan sesuai contoh

MATERI :

• Peran dan tanggung jawab seorang Sales Supervisor sebagai Komandan Lapangan

• Perbedaan antara AktivitasTehnis dan Aktivitas Supervisi

• Peran strategis seorang Sales Supervisor sebagai jembatan antara Management dan Karyawan

• Aktivitas seorang Sales Suparvisor sehari-hari

• Hakekat dari sebuah Perencanaan

• Bagaimana menentukan Sasaran dari sebuah Perencanaan

• Prinsip Dasar dalam menetapkan Sasaran

• Peran Sales Supervisor dalam menerjemahkan Program ke dalam Rencana Tindakan Praktis

• Format Rencana Tindakan (Action Plan)

• Proses merancang Perencanaan yang komprehensif dalam mengembangkan pasar

• Bagaimana melakukan Fact Finding di pasar

• Bagaimana menetapkan Rencana Pengembangan berdasarkan Fact Finding

• Hubungan antara Perencanaan dan Pelaksanaan

• Mengapa tugas perlu didelegasikan, serta manfaat bagi Supervisor, maupun Salesman

• 4 Tahap dalam proses Memberi Perintah Kerja

• Kondisi yang mempengaruhi cara memberi perintah

• Bagaimana menindaklanjuti perintah

• Hakekat Memimpin Rapat, serta proses step by step

• Bagaimana mencatat dan menindaklanjuti hasil rapat

• Bagaimana mempersiapkan Rapat Penjualan (Sales Meeting) rutin

• Proses Memimpin Rapat Penjualan step by step

• Monitoring & Evaluasi sebagai salah satu Aktivitas Supervisi dari seorang Sales Supervisor

• Penggunaan Key Indicator dan SOP dalam proses melakukan evaluasi

• Mekanisme Monitoring & Evaluasi terhadap kinerja Salesman di pasar

• Bagaimana merancang Rencana Pola Evaluasi dan Formulir Evaluasi

• Bagaimana merencanakan dan melaksanakan Pelatihan di Tempat Kerja (On-the-Job Training)

 

WAKTU : 2  hari  (14 Jam)



  • Conference

    secara khusus didirikan untuk merespon kebutuhan pengembangan SDM penjualan di Indonesia yang terus meningkat dan semakin banyak tantangannya.

  • Training

    para  praktisi penjualan dan konsultan penjualan dari berbagai sektor industri  yang memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun di bidangnya.

  • Contact Us

    Jl. Baung IV No. 36A
    Kebagusan
    Jakarta 12520


    Phone : (021) 7884 4904
    Fax : (021) 7883 8781

    e-mail:info@intimark.co.id